Senin, 22 Februari 2010

Kopdar NCC Jawa Timur - 21 Februari 2010

Event besar terakhir yang diadakan di Surabaya di bulan Juli 2006, ketika diadakan Tour de Toko Surabaya oleh NCCer jadul. Setelah vakum sekian lama, akhirnya kopi darat NCCer Surabaya / Jawa Timur kembali diadakan tanggal 21 Februari 2010 di Gedung Dharma Wanita ITS. Terima kasih kepada Bu Camat Devi Praz yang sudah berani bermimpi dan mengorganisir event ini.



Seperti biasa, jika ada event di Jawa Timur, panitia biasanya tidak bertemu sampai dengan H minus 1. Begitu pun dengan event kali ini. Cuman jangan salah, dari sisi tertib administrasi dan persiapan tetap oke banget. Saya diam-diam terkagum-kagum dengan segala pernak pernik yang ada di meja pendaftaran karena tidak kalah dengan administrasi seminar nasional, thanks to Amy Riv dan Fanny Amalia.




Ketika memasuki gerbang ITS, saya sempat terkaget2 karena banyaknya spanduk bertuliskan NCC. Lho, lho. Masak publikasinya sampai seheboh ini? Setelah dicermati betul ternyata NCC di spanduk2 itu adalah singkatan dari "National Chemistry Competition", yaitu gawenya para civitas akademika ITS. Oalah, tiwas ge-er. Namun memang di beberapa batang pohon juga ada tulisan "NCC/ Gedung Dharma Wanita" dilengkapi dengan tanda panah. Dalam hati saya berdoa, moga2 nggak ada NCCer yang nyasar masuk lokasi lomba, atau sebaliknya peserta lomba tolah toleh di sela-sela kopdar.

Di sana sini tentu ada saja yang cipika cipiki memperkenalkan diri. Sebagian memperkenalkan diri dengan memo spesifik: mbak, aku yang nelpon kapan hari. Mbak, aku yang nanya order untuk Bojonegoro. Wah. The names finally have faces. Sudah lama akrab dengan alamat email dan blognya, tapi baru saat itu bisa bertemu muka langsung.



Gedung Dharma Wanita ITS ini lokasinya agak terpisah dari kampus utama, sehingga suasana di siang itu seperti di markas NCC saja. Semua mondar mandir keluar masuk dengan bebas dan leluasa. Peserta bergotong royong menyusun potluck, satu sisi untuk kudapan, satu sisi untuk makan besar, satu sisi untuk minuman-buah-puding. Pukul 10 lebih sebagian besar makanan sudah tersusun rapi. Mulailah kamera beraksi mengabadikan aneka rupa penganan yang unik-unik. Ochie yang baru bergabung di milis selama dua bulan rupanya belum ngeh kalo foto2 masih masuk di agenda acara sehingga dia bertanya: kok telat 1 jam ya mbak? Haha, setelah lengkap motret satu meja baru sah deh untuk mulai acara! Untuk satu event ini saja aku menjepret setara dengan 5 rol negatif film kamera analog, hehe.



Acara perkenalan resmi dimulai pukul 11 siang. Saya didapuk menjadi MC, padahal asli suara dan perbendaharaan kata minus jadi ucapan yang sama diulang2 berkali-kali hehe. Peserta datang dari Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik dan Paiton-Probolinggo. Total peserta yang mencatatkan diri di Fanny sejumlah 41 orang. Ada yang newbie, ada yang baru dengar NCC via teman milis (hai Sulih), tapi ada juga yang anggota NCC lawas dari zaman Tour de Toko 2006, yaitu Rita Desyanti (welcome back ya Mbak). Mula-mula sih pada malu-malu sampai mbak Amy Riv protes perkenalannya kok 'garing' hehe.

Perkenalan langsung disambung dengan icip-icip potluck. Waks, lihat hidangan satu meja dengan menu macem-macem rasanya hebat banget. Pesta kawinan aja paling banter 9 macam, ini sampai 30 macam lebih (malah kayak mb Mimi Itul sampe bawa dua macam penganan sekaligus: sekotor dan rich brownies yang seksi abis -- retak2 kayak kulitnya karakter film Hell Boy). Ada roll cakenya Yuri yang lembut dan rapi jali dibungkus pita (gimana bawanya supaya nggak gepeng ya Yur, kan dirimu bersepeda motor 2 jam dari Pasuruan, demi NCC ya Say), ada bubur madura, ketan duren, telor asin, pepes telor ikan bader, aneka krupuk, asinan, puding roti, pancake, mendoan cilacap, ikan bakar, dadar jagung, kunyit asem, spaghetti, jobong, pudak, opak, kroket, otak-otak bandeng (beneran lezat Fi, anakku doyan banget nggadoin), pempek, puding almond, haduh-haduh, kayaknya pasti ada yang terlewat saking banyaknya. Oya jangan lupa klappertaart ori-cappucino-keju ala Dapur Solia, langsung tandas di tarikan pertama hehe.



Silakan lihat fotonya di Flickr deh untuk lengkapnya: http://www.flickr.com/photos/dapursolia/sets/72157623484013550/



Laparnya mata nggak diimbangi dengan laparnya perut. Setelah mencicipi maksimal 10 penganan, perut udah nggak kuat untuk menampung makanan dan minuman lagi. Hiks, kayaknya next time ukuran kue-kuenya perlu diperkecil ibu-ibu, biar nggak cepat kenyang. Tapi yang jelas puasss.

Pukul 12:30 siang, acara latihan bareng menghias kukis dimulai. Peserta dibagi dalam kelompok2 dengan ketua: Devi Mojokerto, Niar, Helena Hariadi, Rita Desyanti, dan Yuyun. Masing-masing grup mengocok dan mewarnai sendiri royal icingnya (biar cepat pinter hehe). Untuk resep kukis kami memakai resep butter cookiesnya mb Peni Respati yang enakkk banget (makasih ya Mbak). Hand mixer cuman dua disharing ramai-ramai tapi untungnya semua tertib tib tib. Ada yang mengeluarkan stok edible image, bola-bola perak/emas, trimit, bahkan fondant. Lain lagi dengan Niar yang membuat karakter kartun dari fondant. Lucu lho.



Pukul 2 siang acara latbar selesai, dilanjut dengan games dan pembagian door prize. Hepi kocak sekali dalam memandu acara games ini. Hadiahnya melimpah, sampai2 panitia sudah kehabisan pertanyaan tapi hadiahnya masih ada. Kalo sudah mengikuti milis pasti tahu jawaban2nya tapi ada aja yang terlupa. Apa itu au bain marie, siapa nama suami Bu Fatmah Bahalwan, apa penyebab cheese cake retak, apa perbedaan Japanese Cheese Cake dan Cheddar Cheese Cake, berapa jumlah anggota milis dst. Next event kayaknya harus impor pertanyaan dari markas Matraman nih hehe.




Pukul 2.30 siang, acara resmi ditutup. Sudah perut kenyang, mata ngantuk, masih kebagian bekal sisa potluck yang disiapkan oleh Hanna, Nadira, and the gank.


Thanks buat segalanya ya girls. See you di next event tanggal 7 Maret 2010: Homemade Food Fiesta Surabaya.



Other stories:
By Hanna


Reported by Shirley
dapursolia.blogspot.com
22 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar